TULIS ARTIKELSalurkan Hobi Anda !!! Menulis Artikel Gratis Di Ranah Pendidikan

ANALISIS KECEMASAN MASA BAYI

MASA BAYIHalo sahabat ranah, disini kami akan berbagi informasi mengenai analisis dari hasil observasi terhadap perilaku bayi yang tidak ingin digendong oleh orang lain selain orang tuanya sendiri.

Kecemasan menurut Sullivan merupakan pengaruh pendidikan yang paling besar sepanjang hayat, disalurkan mula-mula oleh pelaku keibuan bayinya. Bayi akan merasakan aman dan tenang bila bersama ibu dan ayahnya karena mereka adalah orang terdekat dan asi ibu dapat mengembangkan kelekatan emosional antara ibu dan bayi dengan memberi asi seorang ibu dapat memberikan kasih sayang, perhatian dan berkomunikasi secara intim dengan bayi sehingga bayi merasakan perhatian, kasih sayang dan penerimaan sosial ibunya. Jadi wajar bila bayi lebih dekat kepada orang tua dibandingkan dengan anggota keluarga yang lain.

Bayi yang bernama Roy mengalami kecemasan bila berada di tangan orang lain selain ayah dan ibunya karena bagi Roy mereka orang asing walaupun setiap hari mereka tinggal bersama dengannya. Kecemasannya ia tampakkan melalui tangisan, tangisannyapun berupa jenis tangisan biasa yaitu tangisan yang pola ritmis yang biasanya terdiri dari tangisan diikuti oleh periode diam yang singkat, diikuti oleh desisan singkat, lalu tangisan bernada lebih tinggi daritangisan awal, lalu istirahat sejenak sebelum diiukuti dengan tangisan berikutnya. Kadang Roy bila tidak segera ditenangkan oleh orang tuanya, tangisannya akan berubah menjadi tangisan marah. Menurut Monks dkk (2001) jumlah figur lekat ada 2 teori yaitu teori diferensiasi dan teori paralel. Untuk teori paralel dibagi menjadi 2 yaitu : a. takut terhadap orang asing (terjadi pada usia sekitar 6-8 bulan dan usia 9bulan ketakutannya meningkat hingga usia 12bulan). b. Takut terpisah (terjadi pada usia sekitar 13-15bulan). Namun, Roy mengalami hal itu sejak melewati masa neonatal, walaupun ia masih belum tahu keadaan sekitarnya tapi ia merasakan yang mana orang tuanya dan yang mana bukan orang tuanya.

BACA JUGA  APA ITU PSIKOLOGI PERKEMBANGAN ???

Ada kejanggalan dari perilaku Roy sebab dan asal muasalnya keluargapun tidak mengetahuinya, karena Roy yang sering sakit-sakitan, seperti batuk, panas dll. Keluarga mengira kalau Roy berperilaku seperti itu disebabkan sakit. Selama 7 bulan hingga akan meninggal Roy berperilaku seperti itu, Roy meninggal diperjalan menuju rumah sakit di Surabaya setelah dirujuk kerumah sakit dekat rumahnya dalam keadaan perut kembung, dan dokternya bilang “didalam perutnya tidak berisi cairan apapun ( kosong ) dan jantungnya lemah.” Keluarga tidak mengetahui penyebab pasti dari meninggalnya Roy.

Selama satu minggu dirumah sakit daerah, yang semula Roy tidak mau dan nangis bila digendong oleh neneknya. Pada saat itu ia mau di gendong dan ditimang-timang oleh neneknya. Akankah perilaku kecemasan yang dialami oleh Roy itu bertanda bahwa ia akan berpisah dengan keluarga untuk selamanya? Ataukah ada faktor lain ? hal ini saran untuk penelitian selanjutnya.

Refrensi :

Alwisol

Psikologi perkembangan suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan – Elisabeth B. Hurlock

 

Silahkan Berikan Komentar Anda