TULIS ARTIKELSalurkan Hobi Anda !!! Menulis Artikel Gratis Di Ranah Pendidikan

APA YANG DIMAKSUD PSIKOLOGI SOSIAL ?

psikologi sosialHello Sahabat Ranah,
Aku, kamu dan mereka saling membutuhkan antara satu sama lain, itulah mengapa manusia disebut makhluk sosial. Bagaimana kalau dilihat dari sisi psikologinya? Dan apa sih yang di maksud dengan psikologi sosial? Baiklah kita akan bahas disini.

 

Psikologi sosial (Sosial Psychology)

adalah ilmu yang mempelajari pengaruh situasi-situasi kita, khususnya bagaimana kita memandang dan memengaruhi satu sama lain. Selain itu, psikologi sosial adalah ilmu yang mempelajari bagaimana orang berpikir, memengaruhi, dan berhubungan satu sama lain.

Psikologi sosial terletak di perbatasan antara psikologi dan sosiologi. Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang manusia dalam kelompok atau masyarakat. Sedangkan, psikologi sosial fokus pada individu dan lebih banyak menggunakan eksperimentasi. Dibandingkan dengan psikologi kepribadian, psikologi sosial tidak memfokuskan diri pada perbedaan individu dan justru lebih berfokus pada bagaimana individu secara umum, memandang dan memengaruhi satu sama lain.

BACA JUGA  SELAYANG PANDANG PSIKOLOGI PENDIDIKAN
Psikologi sosial mempelajari pemikiran kita, pengaruh dan hubungan manusia dengan mempertanyakan pertanyaan-pertanyaan yang selama ini mengusik kita.

Contohnya adalah sebagai berikut :
Menolong ? atau Menolong seseorang? Ketika ada tas uang jatuh dari truk berlapis baja di suatu hari, uang sebesar $2 juta berhamburan di colombus, Ohio. Beberapa pengendara motor berhenti untuk menolong, mengembalikan  uang $100.000. Dengan melihat kenyataan bahwa $1.900.000. uang yang hilang, berarti lebih banyak orang yang berhenti untuk membantu diri mereka sendiri. (Apa yang akan anda lakukan?) ketika kejadian yang sama terjadi lagi beberapa bulan kemudian di San Fransisco dan toronto, hasilnya sama: orang-orang yang lewat mengambil sebagian besar uang untuk diri mereka sendiri (Bowen, 1988 dalam Myers, 2014). Situasi apa yang memicu orang untuk menolong atau malah serakah? Apakah konteks budaya tertentu. Misalnya pedesaan atau kota kecil menumbuhkan sikap menolong yang lebih besar?

Ada benang merah pada pertanyaan-pertanyaan di atas. Semua berkaitan dengan bagaimana orang memandang dan memengaruhi satu sama lain. Inilah yang dibicarakan psikologi sosial. Psikologi sosial mempelajari sikap-sikap dan keyakinan, konformitas dan independensi, cinta dan benci.

 

Referensi :
Myers, David. 2014. Psikologi Sosial (Social Psychology) Edisi 10 Buku 1. Alih Bahasa Aliya Tusyani dkk. Jakarta: Salemba Humanika.

 

Silahkan Berikan Komentar Anda