TULIS ARTIKELSalurkan Hobi Anda !!! Menulis Artikel Gratis Di Ranah Pendidikan

BAHASA NONVERBAL WANITA

BAHASA NONVERBAL WANITAHalo sahabat ranah, setelah kita membahas bahas verbal seorang wanita. Kali ini kita akan bahas mengenai bahasa nonverbal seorang wanita.

Mehrabian (1967 dalam Sihabudin, 2013) menemukan bahwa wanita lebih unggul daripada pria dalam mengekspesikan ketakutan, kecintaan, kemarahan dan kebahagiaan. Sementara, Buck et. Al (1974 dalam Sihabudin, 2013) menemukan wanita dewasa menampilkan wajah lebih ekspresif dan merupakan komunikator non verbal yang lebih cermat daripada pria dewasa.

Kajian diatas dilakukan untuk membandingkan perilaku komunikasi nonverbal wanita dengan nonverbal pria. Wanita lebih sering dan lebih lama menggunakan kontak mata daripada pria.

BACA JUGA  BAHASA VERBAL WANITA

Penelitian lainnya menyimpulkan bahwa perilaku nonverbal guru pria tidak berpengaruh terhadap siswa kelas VI (SD), sementara perilaku nonverbal wanita lebih berpengaruh. Artinya, wanita mempunyai kemampuan ekspresif yang lebih tinggi daripada pria (Woolfolk et.al 1977 dalam Sihabudin, 2013).

Sedangkan, Roshental et.al (dalam Sihabudin, 2013) menyimpulkan bahwa wanita lebih baik daripada pria dalam mendeteksi isyarat-isyarat nonverbal. Wanita mahir dalam mengirim dan menerima isyarat-isyarat nonverbal, mereka sering dianggap emosional dan kurang dapat mengendalikan diri.

Contoh perilaku wanita :

  • Merendahkan pandangan mata
  • Memiringkan kepala
  • Menunjukkan postur tubuh yang kaku

 

Informasi atau materi diatas semoga dapat memberikan manfaat bagi sahabat ranah.

 

Referensi :

Sihabudin, Ahmad. 2013. Komunikasi Antar Budaya (Satu Perspektif Multidimensi). Jakarta : PT. Bumi Aksara

Silahkan Berikan Komentar Anda