TULIS ARTIKELSalurkan Hobi Anda !!! Menulis Artikel Gratis Di Ranah Pendidikan

BERKATA MENJADI PERCAYA

BERKATA MENJADI PERCAYAOrang sering kali menyesuaikan apa yang mereka katakan untuk menyenangkan para pendengarnya. Mereka lebih cepat mengatakan berita baik kepada seseorang dari para pendengarnya (Manis, & dkk., 1974; Tesser, & Dkk., 1972 Tetlock, 1983). Ketika didorong untuk memberikan pidato atau dukungan tertulis kepada sesuatu yang mereka ragukan, orang akan sering kali merasa buruk tentang hal ini. Meskipun demikian, mereka mulai percaya terhadap apa yang mereka katakan, membuktikan bahwa mereka tidak didorong atau dipaksa untuk melakukan hal tersebut. Ketika tidak terdapat penjelasan eksternal yang meyakinkan untuk kata-kata yang diucapkan oleh seseorang, maka berkata akan menjadi percaya (Klaas, 1978).

BACA JUGA  KORELASI BUDAYA DAN HARGA DIRI

Tony Higgins dan koleganya (Higgins & McCann, 1984; Higgins & Rholes, 1978) menggambarkan bagaimana berkata menjadi percaya. Mereka meminta mahasiswa membaca suatu gambaran kepribadian dari seseorang dan kemudian menceritakannya kepada orang lain yang dipercaya menyukai ataupun tidak menyukai orang tersebut. Para mahasiswa tersebut menuliskan suatu deskripsi yang lebih positif ketika sang penerima menyukai orang tersebut. Ketika diminta untuk mengingat kembali apa yang telah mereka baca, mereka mengingat deskripsi yang ada sebagai deskripsi yang lebih positif dari sebenarnya. Singkat kata, orang cenderung menyesuaikan pesan-pesan dengan pendengar mereka, dan dengan melakukan hal ini, mereka mempercayai pesan yang disampaikan.

Referensi

Myers, David. 2014. Psikologi Sosial (Social Psychology) Edisi 10 Buku 1. Alih Bahasa     Aliya Tusyani dkk. Jakarta: Salemba Humanika.

 

Silahkan Berikan Komentar Anda