TULIS ARTIKELSalurkan Hobi Anda !!! Menulis Artikel Gratis Di Ranah Pendidikan

Cara Mengatasi Sinkronisasi Eror pada Dapodik Versi 2020

Assalamualaikum warahmatullahi Wabarakatuh.

Setelah beberapa waktu lalu aplikasi dapodik versi 2020 telah dirilis oleh Dapodikdasmen, banyak operator yang mengeluhkan saat melakukan sinkronisasi terjadi eror yang berakibat sinkronisasi gagal dilakukan. Dari para pihak pengembang aplikasi Dapodikdasmen, mereka telah memberikan beberapa solusi , namun sebagian masih tetap mengalami eror dan gagal untuk melakukan sinkron.

Walaupun dari pengembang aplikasi tersebut sudah memberikan info bahwa akan ada update patch dapodik 2020.a untuk mengatasi masalah tersebut, namun sebagian operator tetap merasa resah mengingat cut of dapodik sudah semakin dekat.

Dapodik versi 2020

Baiklah kali ini mimin Ranah Pendidikan akan mencoba membagikan Tips untuk rekan-rekan operator sekolah ketika terjadi eror saat melakukan sinkronisasi dapodik versi 2020.

eror dapodik

Berikut langkah-langkah yang perlu di perhatikan

  1. Silahkan download file yang telah mimin perbaiki
  2. Extract file yang sudah di download dan simpan di drive lain atau di flashdisk.
  3. Buka service manager pada laptop anda (perhatikan gambar dibawah)

service

4. Cari DapodikDB dan Klik Stop ( Perhatikan Gambar )

service dapodik

5. Geser kebawah dan pilih DapodikWebSrv dan klik Stop ( Perhatikan Gambar )

service dapodik

6. Setelah langkah-langkah diatas selesai dilakukan, copy file yang telah di download tadi, kemudian masuk ke “Lokal Disk (C:)/Program Files (x86)/Dapodik/dataweb

7. Pastekan/Replace/Timpa file yang telah anda copy tadi sampai selesai.

8. Setelah anda selesai menimpa file yang telah anda copy, buka kembali service manager laptop anda dan cari DapodikDB dan Klik Start.

service dapodik

9. Geser kebawah dan pilih lagi DapodikWebSrv dan Klik Start

service dapodik

Setelah semua petunjuk diatas selesai anda lakukan bersihkanlah semua history browser anda, kemudian buka aplikasi dapodik dan lakukakan validasi lokal kemudian cobalah untuk melakukan sinkronisasi, apabila tetap terjadi eror, mimin sarankan untuk menunggu rilis patch dapodik 2020.a.

BACA JUGA  TUTORIAL MEMBUAT BUNGA LAVENDER DARI KAIN FLANEL

sinkronisasi dapodik

Selamat Mencoba dan semoga sukses, apabila artikel ini bermanfaat bagikanlah kepada rekan-rekan yang lain yang juga mengalami masalah yang sama.

Terima Kasih Banyak. Salam Satu Data.

Silahkan Berikan Komentar Anda