TULIS ARTIKELSalurkan Hobi Anda !!! Menulis Artikel Gratis Di Ranah Pendidikan

DIMENSI RUMAH MENURUT ROBERT GIFFORD

DIMENSI RUMAH Menurut Robert Gifford (dalam Enviromental Psychology) rumah memiliki 6 dimensi, yaitu :

  1. Rumah sebagai tempat berlindung dari berbagai hal, yang memiliki privasi tersendiri, penghuni dapat berlindung di rumahnya dari panasnya matahari, hujan, iklim yang tida sesuai dengan kondisinya, bahkan mungkin juga sebagai tempat berlindung musuhnya dan sebagainya.
  2. Rumah sebagai tempat yang dapat memberikan ketentraman, keteraturan sehingga penghuninya dapat merasa bebas tidak terbebani oleh sesuatu hal dan adanya suatu keberlangsungan yang tetap dalam kehidupan sehari-hari. Penghuninya dapat melakukan “ekspresi” diri dirumahnya.
  3. Rumah sebagai identitas dari penghuninya. Rumah yang ditinggalinya dapat menggambarkan bagaimanakah status sosial pemiliknya, relasinya, asal usul budayanya, dan sebagainya.
  4. Rumah sebagai tempat yang memberikan gambaran keteraturan dan identitasnya, maka rumah akan memberikan gambaran keterkaitan penghuni dengan lingkungannya, sehingga orang lain dapat merasakan kondisi keterkaitannya penghuni rumah.
  5. Rumah dapat menggambarkan kehangatan pemilik rumah. Penataan perabot rumah, dan penataan ruang akan mengundang bagaimanakah interaksi yang seharusnya terjadi dengan pemiliki rumah.
  6. Rumah memiliki kesesuaian fisik. Rumah dengan struktur rumahnya dapat memberikan gambaran mengenai kebutuhan psikologis pemiliknya. Sebagai contoh, adanya ruang keluarga akan memberikan gambaran bahwa penghuninya membutuhkan ruang untuk berinteraksi dengan keluarga.
BACA JUGA  PENGERTIAN TENTANG RUMAH DAN PERMUKIMAN

Referensi :

Iskandar, Zulrizka. 2013. Psikologi Lingkungan (Metode dan Aplikasi). Bandung: PT. Refika Aditama

 

Silahkan Berikan Komentar Anda