TULIS ARTIKELSalurkan Hobi Anda !!! Menulis Artikel Gratis Di Ranah Pendidikan

Eksperimen Pengendalian Diri Anak

eksperimen

Halo sahabat ranah, disini kami akan memberi informasi mengenai hasil analisis dari pengamatan eksperimen marshmallow yang dilakukan oleh Prof AS.

Tokoh : Walter Mischel (seorangprofesor di Columbia University, AS padatahun 60an)

Eksperimen yang dilakukan oleh Walter Mischel dilakukan pada seoranganakpra-sekolahyang diberi sepotong marshmallow.Anakpra-sekolah sekitar berusia 4-5 tahun, berada sendiri dalam ruangan dan ada yang 2 orang dalam satu ruangan, sedangkan hidungnya berhadapan langsung dengan makanan yang begitu mereka inginkan. Kemudian Anak dijanjikan akan diberikan sepotong lagi apa bila mau untuk menunggu selama 15 atau 20 menit. Namun untuk waktu tidak disampaikan pada si anak lalu Walter Mischel keluar dari ruangan. Anak di berikan pilihan yakni apakah mau untuk memakan langsung atau menunggu hingga Walter Mischel masuk lagi kedalam ruangan tersebut dan menambahkan 1 marsmallow lagi padanya.Sikap dan perilaku yang ditunjukkan oleh anak-anak berbeda-beda selama menunggu Walter Mischel masuk dan memberikan sepotong marsmallow lagi, seperti melihat terus kearah marsmallow, memegang marsmallownya, bahkan ada yang memakannya mungkin dikarenakan sudah tidak bisa menahan rasa keinginannya dan terlalu lama menunggu.

BACA JUGA  ANALISIS KECEMASAN MASA BAYI

Menurut Walte Mischel, tesini berhubungan dengan kemampuan anak dalam menunda kesenangan sekarang demi sesuatu yang berjangka lebih panjang. Kemampuan ini juga menjadi perwujudan dari kemampuan control diri atau disiplin diri, faktor yang berpengaruh besar terhadap kesuksesan seseorang. Penelitian ini tidak berakhir disitu saja, namun anak-anak yang ikut dalam eksperimen ini pun kemudian akan terus di ikuti perkembangan mereka hingga 14 tahun kemudian. Ternyata, ketika memasuki usia dewasa terdapat perbedaan besar diantara mereka dalam hal studi dan karier mereka. Hasil eksperimen mendapatkan konfirmasi belasan tahun kemudian. Anak-anak yang dapat menahan diri pada eksperimen yang dilakukan itu, ternyata hidupnya lebih sukses, mendapatkan skor akademik lebih tinggi, dan berhasil dalam lingkungan pertemanan.

Kelemahan Eksperimen Marshmallow

  1. Tidak ada pemberitahuan waktu pada anak untuk bisa menahan marshmallow agar bisa dapat di makan.
  2. Eksperimen menghabiskan waktu yang lama karena hasilnya akan terlihat ketika anak dewasa.

 

Silahkan Berikan Komentar Anda