TULIS ARTIKELSalurkan Hobi Anda !!! Menulis Artikel Gratis Di Ranah Pendidikan

FAKTOR PENYESUAIAN PEKERJAAN PADA USIA MADYA

KONDISI YANG MEMPENGARUHI PENYESUAIAN PEKERJAAN PADA USIA MADYA

  1. Kepuasan kerja, laki-laki dan perempuan berusia madya yang menyenangi pekerjaan mereka akan dapat menyesuaikan diri jauh lebih baik daripada mereka yang terpaksa melakukan pekerjaannya karena tanggung jawab akan keluarga dan yang sekrang merasa terperangkap dalam kerjanya.
  2. Kesempatan promosi, setiap pekerja semakin mendekati usia pensiun, kesempatan bagi mereka untuk dipromosikan semakin sedikit dan mereka lambat laun digeser dari posisi untuk memberi kesempatan kepada karyawan yang lebih muda. Kondisi seperti ini mempunyai efek balik pada penyesuaian kerja.
  3. Harapan pekerjaan, bila masa pensiun tiba pra usia madya menilai prestasi mereka dilihat dari aspirasi mereka yang dahulu. Apakah menyenangkan atau tidak, penilaian ini mempunyai efek pada penyesuaian pekerjaan.
  4. Meningkatnya penggunaan otomatisasi semakin meningkat. Aspek tertentu dari otomatisasi cenderung menghalangi proses penyesuaian pekerjaan secara baik bagi sebagian pekerja usia madya, seperti kebosanan dan tidak bangga terhadap pekerjaan mereka. Kemungkinan hilangnya pekerjaan terhadap pekerja yang lebih muda, meningkatnya kecepatan yang dituntut kerja, yang membuat banyak pekerja usia lanjut merasa nervous dan ketidak inginan mereka untuk dilatih kembali karena semakin dekat masa pensiun.
  5. Sikap pasangan. Jika istrinya tidak puas dengan status suaminya di tempat kerja, gajinya atau kerjanya merampang suaminya dari rumah sehingga istri kesepian. Maka suaminya juga semakin tidak puas dan senang. Wanita yang suaminya berkeberatan dan mengeluh terhadap keadaan mereka dirumah bisa juga mengalami ketidak puasam kerja.
  6. Sikap terhadap usaha besar. Pekerja yang merasa bangga karena bekerja pada perusahaan besar, penuh prestise, penyesuaiannya terhadap pekerjaan lebih baik, dibanding mereka menganggap dirinya hanya sebagai sekrup kecil dari mesin yang besar.
  7. Sikap terhadap teman sekerja. Pekerja usia tengah baya, yang marah karena perlakuan pimpinannya terhadap bawahan tidak menyenangkan dan mengenai pekerja lebih muda yang tidak memperoleh giliran dan lalai terhadap pekerjaannya, mereka akan bersikap kurang senang terhadap pekerjaannya dan bersikap kurang ramah dengan teman sejawatnya.
  8. Perasaan pekerja yang harus pindah tempat atau pindah ke masyarakat lain dengan tujuan agar mereka tetap bekerja pada pekerjaannya yang sekarang atau untuk dipromosikan pada kedudukan yang lebih baik akan mempunyai pangaruh yang sangat mendalam terhadap proses penyesuaian pekerjaan.
BACA JUGA  TUGAS-TUGAS PERKEMBANGAN PADA USIA MADYA

Referensi

Hurlock, Elizabeth. B. (1980). Psi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang   Kehidupan Edisi Kelima. Alih Bahasa; Istiwidayanti dan Soedjarwo. Jakarta:  Erlangga.

 

 

Silahkan Berikan Komentar Anda