TULIS ARTIKELSalurkan Hobi Anda !!! Menulis Artikel Gratis Di Ranah Pendidikan

FAKTOR PENYESUAIAN TERHADAP PASANGAN

penyesuaian pasanganKonsep pasangan yang ideal

dalam hal memilih pasangan, baik  pria ataupun wanita sampai sejauh tertentu dibimbing oleh konspe pasangan ideal yang dibentuk selama masa dewasa. Semakin orang tidak terlatih menyesuaikan diri terhadap realitas semakin sulit penyesuaian dilakukan terhadap pasangan.

Pemenuhan kebutuhan

Pasangan harus dapat memenuhi kebutuhan yang berasal dari pengalaman awal. Apabila orang dewasa perlu pengenalan, pertimbangan prestasi dan status social agar bahagia, pasangan harus membantu pasangan lainnya untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Kesamaan Latar Belakang

Semakin sama latar belakang suami dan istri, semakin mudah untuk saling menyesuaikan diri. Bagaimana juga apabila latar belakang mereka sama, setiap orang dewasa mencari pandangan unik tentang kehidupan. Semakin berbeda pandangan hidup ini, makin sulit penyesuaian diri dilakukan.

Minat dan kepentingan bersama

Kepentingan yang saling bersamaan tentang suatu hal yan dapat dilakukan pasangan cenderung membawa penyesuaian yang baik dari kepentingan bersama yang sulit dilakukan dan dibagi bersama.

BACA JUGA  POLA PENGENDALIAN MOTORIK

Kesurupan Nilai

Pasangan yang menyesuaikan diri dengan baik mempunyai nilai yang lebih serupa daripada mereka yang penyesuaian dirinya buruk. Barangkali latar belakang yang sama menghasilkan nilai yang sama pula.

Konsep peran

Setiap lawan pasangan memiliki konsep yan pasti mengenai bagaimana seharusnya peranan seorang suami dan istri atau setiap orang mengharapkan pasangannya memainkan perannya. Jika harapan terhadap peran tidak terpenuhi, akan mengakibatkan konflik dan penyesuaian yang buruk.

Perubahan dalam pola hidup

Berarti mengorganisasikan pola kehidupan, mengubah persahabatan dan kegiatan-kegiatan social, serta mengubah persyaratan pekerjaan, terutama bagi seorang istri. Penyesuaian-penyesuaian ini seringkali diikuti oleh konflik emosional.

Referensi

Hurlock, Elizabeth. B. (1980). Psi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang   Kehidupan Edisi Kelima. Alih Bahasa; Istiwidayanti dan Soedjarwo. Jakarta:  Erlangga.

 

Silahkan Berikan Komentar Anda