TULIS ARTIKELSalurkan Hobi Anda !!! Menulis Artikel Gratis Di Ranah Pendidikan

FAKTOR PERLU DIPERHATIKAN DALAM TRAINING

FAKTOR YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM TRAININGMenurut Dale Yoder (1965) agar training dan pengembangan dapat berhasi dengan baik, maka hal yang perlu diperhatikan delapan faktor dibawah ini:

A. Individual differences

Dalam merencanakan dan melaksanakan suatu training perlu diketahui dan diingat adanya perbedaan individu ini. Perbedaan ini dapat nampak pada waktu karyawan mengerjakan suatu pekerjaan yang sama, dengan diperolehnya hasil yang berbeda.

B. Relation to job analysis

Analisis jabatan dapat dianggap alat bagi pimpinan dalam memecahkan masalah-masalah kemanusiaan. Masalah kemanusiaan dalam perusahaan dianggap merupakan faktor yang sangat penting dan harus diperhatikan.

Tugas utama dari analisis jabatan untuk memberikan pengertian akan tugas yang harus dilaksanakan didalam harus dipergunakan dalam menjalankan tugas itu.

Untuk memberikan training pada para karyawan terlebih dahulu harus diketahui keahlian yang dibtuhkannya. Dengan demikian program dari training dapat diarahkan dan ditujukan untuk mencapai keahlian itu. Suatu training kerja karyawan, berakibat merugikan berbagai pihak, yaitu karyawan, perusahaan dan masyarakat.

C. Motivation

Motivasi adalah suatu usaha menimbulkan dorongan untuk melakukan suatu tugas. Training sebaiknya dipersiapkan dengan baik agar dapat menimbulkan motivasi bagi para trainees.

Motivasi dalam training ini sangat perlu sebab pada dasarnya motif yang mendorong karyawan untuk menjalankan training tidak berbeda dengan motif yang mendorong karyawan untuk melakukan tugas pekerjaanya. Karyawan mempunyai gairah bekerja karena kedudukan yang lebih tinggi, dan hasil lainnya yang lebih menguntungkan dirinya.

D. Active Participation

Di dalam pelaksanaan pendidikan training, para trainess, harus aktif mengambil bagian didalam pembicaraan mengenai pelajaran yang diberikan, sehingga akan menimbulkan kepuasan pada para trainess apabila saran-sarannya diperhatikan dan dipergunakan sebagai bahan pertimbangan untuk memecahkan kesulitan yang mungkin timbul.

Tugas daripada trainer tidak hanya memberikan pelajaran teori dan praktek saja tetapi disamping itu dapat membentuk cara berpikir kritis, dan bagaimana mempraktekkannya.

Dengan diadakannya partisipasi trainess makin menyadari masalah-masalah yang dihadapi trainer, sehingga ia berusaha memecahkan masalah yang sulit itu secara bersama-sama.

E. Selesction of trainess

Supaya tidak timbul adanya perbedaan yang terlalu jauh antara para peserta yang satu dengan yang lainnya, baik dalam latar belakang maupun pengalaman, maka sebaiknya peserta diseleksi lebih dahulu. Training akan berjalan lebih baik, bila diberikan kepada para peserta yang mempunyai persamaan dasar pendidikan, bakat, minat dan pengalaman.

BACA JUGA  PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN TENAGA KERJA

F. Selection of trainers

Tenaga pengajar dalam pendidikan dan pelatihan juga perlu untuk diseleksi terlebih dahulu. Hal ini dapat menyebabkan efektif atau tidaknya dari suatu pelaksanaan pendidikan dan pelatihan. Oleh sebab itu seorang trainer yang baik harus mempunyai kecakapan-kecakapan sebagai berikut :

  • Pengetahuan yang mendalam dan mempunyai kecapakan yang mumpuni
  • Mempuyai rasa tanggung jawab dan sadar akan kewajiban
  • Bijaksana dalam segala tindakan dan sabar
  • Dapat berpikir secara logis
  • Mempunyai kepribadian menarik

G. Trainer training

Seringkali terjadi anggapan yang salah, bahwa setiap menyampaikan pandai secara teoritis dan praktis, dapat pula menyampaikan dan pengalamannya kepada orang lain. Oleh karena itu, para pelatih perlu mendapatkan pelatihan khusus.

H. Training methods

Metode yang diberikan harus sesuai dengan training yang diberikan. Misalnya, metode pemberian kuliah tidak sesuai untuk karyawan pelaksana. Untuk karyawan pelaksana sebaiknya diberikan lebih banyak peragaan atau praktik disamping pelajaran teoritis.

Referensi :

Abidin, Zainal. 2014. Buku Ajar Psikologi Industri dan Organisasi. Surabaya: Pustaka Radja

 

Silahkan Berikan Komentar Anda