TULIS ARTIKELSalurkan Hobi Anda !!! Menulis Artikel Gratis Di Ranah Pendidikan

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HARGA DIRI

 HARGA DIRIMenurut Ghufron & Risnawita (2012) ada beberapa faktor yang mempengaruhi harga diri diantaranya;

a. Faktor Jenis Kelamin

Menurut Ancok dkk, (dalam Ghufron & Risnawita, 2012) wanita selalu merasa berharga dirinya lebih rendah daripada pria seperti perasaan kurang mampu, kepercayaan diri yang kurang, atau merasa harus dilindungi. Hal ini terjadi karena peran orang tua dan harapan masyarakat yang berbeda-beda baik pada pria maupun wanita.

b. Intelegensi

Sebagai gambaran lengkap kapasitas fungsional individu sangat erat kaitannya dengan prestasi karena pengukuran intelegensi selalu berdasarkan kemampuan akademis. Menurut Coopersmith (dalam Ghufron & Risnawita, 2012) individu dengan harga diri yang rendah. Dikatakan individu dengan harga diri yang tinggi memiliki skor intelegensi dan taraf aspirasi yang lebih baik, serta selalu berusaha keras.

BACA JUGA  PEMBENTUKAN HARGA DIRI (SELF ESTEEM)

c. Kondisi Fisik

Menurut Coopersmith (dalam Ghufron & Risnawita, 2012) menemukan adanya hubungan yang konsisten antara daya tarik fisik dan tinggi badan dengan harga diri. Individu dengan keadaan fisik yang menarik cenderung akan memiliki harga diri yang lebih baik daripada dengan keadaan fisik yang kurang menarik.

d. Lingkungan Keluarga

Peran keluarga sangat menentukan perkembangan harga diri anak. Di dalam keluarga, seorang anak untuk pertama kalinya mengenal orang tua yang mendidik dan membesarkannya serta sebagai dasar untuk bersosialisasi dalam lingkungan yang lebih besar. Keluarga harus dapat menemukan suatu keadaan dasar untuk mencapai perkembangan harga diri anak yang baik. Coopersmith (dalam Ghufron & Risnawita, 2012) berpendapat bahwa perlakuan adil, pemberian kesempatan untuk aktif dan mendidik yang demokratis akan membuat anak mendapat harga diri yang tinggi. Berkenaan dengan hal tersebut savary (dalam Ghufron & Risnawita, 2012) sependapat bahwa keluarga berperan dalam menentukan perkembangan harga diri anak. Orang tua yang sering memberikan hukuman dan larangan tanpa alasan dapat menyebabkan anak merasa tidak berharga.

e. Lingkungan Sosial

Klass dan Hodge (dalam Ghufron & Risnawita, 2012) berpendapat bahwa pembentukan harga diri dimulai dari seseorang yang menyadari dirinya berharga atau tidak. Hal ini adalah hasil dari proses lingkungan, penghargaan, penerimaan dan perlakuan orang lain kepadanya. Sementara menurut Coopersmith (dalam Ghufron & Risnawita, 2012) ada beberapa perubahan dalam harga diri yang dapat dijelaskan melalui konsep-konsep kesuksesan, nilai, aspirasi dan mekanisme pertahanan diri.

Kesuksesan dapat timbul melalui pengalaman dalam lingkungan, kesuksesan dalam bidang tertentu, kompetisi dan nilai kebaikan. Selanjutnya, Branden (dalam Ghufron & Risnawita, 2012) menyebutkan faktor-faktor yang memengaruhi harga diri dalam lingkungan pekerjaan adalah sejumlah dimensi pekerjaan seperti kepuasan kerja, penghasilan, penghargaan orang lain dan kenaikan jabatan atau pangkat.

Referensi :

Ghufron, M. Nur dan Rini Risnawata S. 2012. Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta:    Ar Ruzz Media

Silahkan Berikan Komentar Anda