TULIS ARTIKELSalurkan Hobi Anda !!! Menulis Artikel Gratis Di Ranah Pendidikan

FAKTOR YANG MENYULITKAN PILIHAN PEKERJAAN

FAKTOR YANG MENYULITKAN PILIHAN PEKERJAAN

  1. Jumlah dan jenis pekerjaan berbeda yang akan dipilihnya terus bertambah.
  2. Tentukan perubahan kebutuhan yang begitu cepat akan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk memegang suatu ekerjaan yang mengarah ke sistem kerja otomatis.
  3. Tigkat fleksibilitas waktu kerja yang rendah menjadukan wanita sulit untuk menyesuaikan diri dengan jadwal pekerjaan kantor dan tugas-tugas di rumah.
  4. Perlu persiapan yang lama dan memakan banyak biaya untuk membentuk karir sehingga sulit sekali bagi seseorang untuk menukar karirnya.
  5. Untuk jabatan dan tugas tertentu dipandang sebagai pekerjaan khusus untuk wanita (perawat dan guru) sedangkan tugas kedirgantaraan dan rekayasa (engineering) dianggap sebagai tugas pria.
  6. Ada juga jenis pekerjaan yang dianggap tidak menyenangkan seperti jenis pekerjaan yang bersifat pelayanan dan perbaikan.
  7. Ada pekerjaan yang banyak disukai, yaitu tugas yang dapat memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi diri daripada tugas yang membuat perasaan seseorang sibuk terus, seperti petugas bagian penggerakan roda mesin-mesin daripada pria.
  8. Kemampuan seseorang untuk lalai karena pengalaman dan pelatihan yang pernah diperolehnya sangat minim, bisa juga karena petunjuk yang pernah diterima dalam memilih bidang pekerjaan yang sesuai kurang tepat dan relatif kecil.
  9. Pendidikan dan pelatihan yang pernah diperoleh tidak memenuhi syarat yang diperlukan untuk memegang pekerjaan yang masih lowong.
  10. Sasaran penjurusan yang diperoleh sejak masa anak-anak hingga masa dewasanya tidak realistik.
  11. Nilai dan harapan yang tidak realistis khususnya yang berkenaan dengan prestise dan otonomi tugas-tugas.
BACA JUGA  SELAYANG PANDANG PERKEMBANGAN ANAK

Referensi :

Hurlock, Elizabeth. B. (1980). Psi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang   Kehidupan Edisi Kelima. Alih Bahasa; Istiwidayanti dan Soedjarwo. Jakarta:  Erlangga.

Silahkan Berikan Komentar Anda