TULIS ARTIKELSalurkan Hobi Anda !!! Menulis Artikel Gratis Di Ranah Pendidikan

HIBURAN DIKALANGAN MASA DEWASA DINI

HIBURAN DEWASA DINIHalo sahabat ranah, masa dewasa dini merupakan usia 18 tahun sampai usia 40 tahun (Hurlock, 1980). Dikalangan mereka memiliki hiburan-hiburan tertentu untuk sekedar mengusir rasa kesepiannya. Hiburan ini dapat dilakukan seorang diri atau berasama dengan teman atau orang-orang terdekat.

 

Hiburan yang sering dinikmati adalah :

a. Membaca

Karena banyak tanggung jawab mereka, orang dewasa dini memiliki keterbatasan waktu untuk membaca. Oleh karena itu mereka perlu selektif mengenai bacaannya. Biasanya mereka cenderung membaca surat kabar dan majalah daripada membaca buku.

BACA JUGA  PERAN PAKAIAN PADA MASA DEWASA DINI

b. Mendengarkan musik

Orang dewasa dini pada umumnya mendengarkan kaset musik atau mendengarkan musik di radio dan di televisi sebagai cara untuk menghilangkan rasa bosan dan rasa kesepian. Ada yang menyukai musik pop, dangdut, jaz atau musik klasik.

 

c. Film

Seseorang dewasa dini yang belum menikah sering menonton sinetron atau film yang bercerita tentang kisah asmara atau pacaran, seperti dulu sewaktu masih remaja. Mereka yang sudah menikah tidak lagi sering menonton film, apalagi sesudah mereka punya anak, karena mereka harus menjaga atau merawat anak, atau bahkan memilih film yang juga dapat ditonton oleh anaknya.

 

d. Radio

Banyak wanita yang mengerjakan pekerjaan rumah tangga sambil mendengarkan radio, demikian pula dengan laki-laki yang mendengarkan radio dalam perjalanan dan ditempat pekerjaan. Radio dapat menyajikan berita atau hiburan.

 

e. Televisi

Menonton televisi, apalagi di malam hari, merupakan hiburan favorit mereka yang sudah mempunyai anak. Semakin besar keluarga dan semakin rendah penghasilan, semakin banyak waktu yang dihabiskan dengan menonton televisi.

Pria sebagai kelompok lebih menggemari acara olahraga dan wanita lebih menyukai komedi rumah tangga atau pemutaran ulang film-film terkenal.

 

Referensi :

Hurlock, Elizabeth. B. (1980). Psi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang   Kehidupan Edisi Kelima. Alih Bahasa; Istiwidayanti dan Soedjarwo. Jakarta:  Erlangga.

 

Silahkan Berikan Komentar Anda