TULIS ARTIKELSalurkan Hobi Anda !!! Menulis Artikel Gratis Di Ranah Pendidikan

HUBUNGAN SIKAP DAN PERILAKU

sikap dan perilakuHalo sahabat ranah, sering kita mendengar kata sikap dan perilaku bahkan sudah tidak asing lagi ditenga kita. Kadang membuat bertanya-tanya apa itu sikap? Dan apa itu perilaku? Apa perbedaannya? Pada bagian ini kita akan membahas hubungan sikap dan perilaku.

Sikap adalah suatu reaksi evaluatif yang menyenangkan atau tidak menyenangkan terhadap sesuatu atau seseorang (sering kali berakar pada kepercayaan seseorang, dan muncul dalam perasaan serta perilaku seseorang).

Bagaimana hubungan antara sikap dan perilaku?

Sikap sering kali dianggap sebagai prediktor dari perilaku. Seperti,sikap konsumen terhadap suatu produk sering kali dipakai meramalkan perilaku membeli konsumen terhadap produk tersebut. Tapi, terdapat kontroversi apakah sikap dapat memprediksi perilaku atau tidak.

Penelitian La Piera menunjukkan bahwa sikap tidak selalu sejalan dengan perilaku. Richard La Piere seorang sosiolog  pada tahun 1934 melakukan penelitian di Amerika. Kebetulan, pada saat itu sentimen orang Amerika terhadap orang timur lagi memuncak. Hal ini, La Piere yang didampingi dua mahasiswanya sepasang suami istri berkebangsaan Cina, menghampiri tidak kurang dari 250 restoran dan motel. La Piere ingin mengetahui bagaimana reaksi pemilik restoran dan motel itu terhadap pelangganggya yang berasal dari timur. Dari 250  tempat yang didatanginya ternyata hanya ada satu orang saja yang secara jelas menolak melayani mereka. Hal ini tentu kontras dengan temuan La Piere sebelumnya, yang menunjukkan hampir 90 persen pemilik restoran dan motel itu menunjukkan sikap negatif terhadap orang timur, dengan mengatakan bahwa mereka akan menolak pelangga yang berasal dari timur.

Penelitian La piere menunjukkan bahwa sikap tidak selamanya dapat dijadikan sebagai prediktor dari perilaku. Sikap dapat dijadikan sebagai prediktor dalam keadaan tertentu saja. Myers (dalam Rahman, 2014) menyatakan bahwa hubungan antara sikap dan perilaku bisa bervariasi karena memang keduanya sikap dan perilaku masing-masing adalah faktor yang tidak berdiri sendiri. Tapi, dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya yang bervariasi.

BACA JUGA  TEORI INTIMASI

Teori perilaku terencana

Icak Ajzen, beker bersama Martin Fishbein, telah memperlihatkan bahwa

(a) sikap, (b) norma sosial yang dipersepsi dan (c) perasaan akan adanya kontrol secara bersamaan menentukan niatan seseorang yang mengarahkan pada perilaku .

 

sikap dan perilaku

 

Dibandingkan dengan sikap umum mereka tentang gaya hidup sehat, sikap spesifik seseorang terkait dengan lari pagi memprediksikan perilaku lari pagi mereka secara lebih baik.

 

Seberapa baik sikap kita memprediksi perilaku kita ?

Ekspresi dari sikap kita dan perilaku kita masing-masing tergantung pada banyak pengaruh. Sikap kita akan memprediksikan perilaku yang kita munculkan :

  • Jika “pengaruh lain” ini diminimalisir
  • Jika sikap tersebut berkorespondensi sangat erat dengan perilaku yang diprediksikan
  • Jika sikap tersebut kuat (karena sesuatu mengingatkan kita akan sikap tersebut, atau karena kita memperoleh sikap tersebut dari pengalaman langsung).

 

Baiklah sahabat, sikap dan perilaku saling berhubungan tergantung faktor yang mempengaruhinya.

“Berpikir mudah, bertindak sulit dan untuk menaruh satu pikiran ke tindakan adalah suatu hal tersulit di dunia. (German Poet Goethe, 1749-1932 dalam Myers, 2014).”

 

Referensi :

Myers, David. G. 2014. Psikologi Sosial (Social Psychology) Edisi 10 Buku 1. Alih Bahasa Aliya Tusyani dkk. Jakarta: Salemba Humanika.

Rahman, Agus. A. 2014. Psikologi Sosial (Integrasi Pengetahuan Wahyu dan Pengetahuan Empirik). Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

 

Silahkan Berikan Komentar Anda