TULIS ARTIKELSalurkan Hobi Anda !!! Menulis Artikel Gratis Di Ranah Pendidikan

KAPAN ATRIBUSI SOSIAL DILAKUKAN?

AATRIBUSI SOSIAL tribusi sosial tidak di lakukan setiap saat. Menurut Taylor, Peplau, dan Sear (1997), paling tidak ada dua situasi yang sering kali mengundang dilakukannya atribusi sosial, yaitu:

  1. Situasi yang tidak diharapkan atau tidak biasa. Sesuatu yang terjadi sesuai dengan harapan, biasanya tidak mengundang atribusi sosial, sedangkan situasi yang tidak diharapkan agar menggoda kita untuk mengetahui penyebab-penyebab dari situasi tersebut. Seorang teman yang dikenal penyabar, tapi tiba-tiba menunjukkan perilaku agresif akan memaksa kita melakukan atribusi mengeai perilaku agresifnya tersebut.
  2. Situasi negatif, menyakitkan, dan tidak menyenangkan. Seorang mahasiswa yang optimis akan mendapatkan nilai A, karena merasa bisa mengerjakan semua soal yang diujikan akan melakukan atribusi sosial jika ternyata ia mendapatkan nilai C atau D. Ia akan mencari-cari jawaban dari peristiwa yang tidak sesuai harapan tersebut.
BACA JUGA  KORELASI BUDAYA DAN HARGA DIRI

Atribusi terjadi pada dua situasi yang tidak diharapkan dan situasi negatif atau tidak menyenangkan.

Referensi :

Rahman, A. Agus. 2014. Psikologi Sosial (Integrasi Pengetahuan Wahyu dan Pengetahuan Empirik). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Silahkan Berikan Komentar Anda