TULIS ARTIKELSalurkan Hobi Anda !!! Menulis Artikel Gratis Di Ranah Pendidikan

KONDISI SEBABKAN SEORANG DITERIMA/DITOLAK

KONDISI SEBABKAN SEORANG DITERIMA atau DITOLAKMenurut Hurlock (1980) terdapat kondisi-kondisi yang menyebabkan seseorang diterima atau ditolak oleh lingkungan sosialnya.

a. Sindroma Penerimaan

  1. Kesan pertama yang menyenangkan sebagai akibat dari penampilan yang menarik perhatian, sikap yang tenang, dan gembira.
  2. Reputasi sebagai seorang yang sportif menyenangkan.
  3. Penampilan diri yang sesuai dengan penampilan teman-teman sebaya.
  4. Perilaku sosial yang ditandai oleh kerja sama, tanggung jawab, panjang akal, kesenangan bersama orang-orang lain, bijaksana dan sopan.
  5. Matang, terutama dalam hal pengendalian serta kemauan untuk mengikuti peraturan-peraturan.
  6. Suatu kepribadian yang menimbulkan penyesuaian sosial yang baik seperti jujur, setia, tidak mementingkan diri sendiri dan ekstraversi.
  7. Status sosial ekonomi yang sama atau sedikit di atas anggota-anggota lain dalam kelompoknya dan hubungan yang baik dengan anggota-anggota keluarga.
  8. Tempat tinggal yang dekat dengan kelompok sehingga mempermudah hubungan dan partisipasi dalam berbagai kegiatan kelompok.
BACA JUGA  CIRI-CIRI PENOLAKAN DAN PENERIMAAN SOSIAL

b. Sindroma Alienasi/Penolakan

  1. Kesan pertama yang kurang baik karena penampilan diri yang kurang menarik atau sikap menjauhkan diri, yang mementingkan diri sendiri.
  2. Terkenal sebagai seorang yang tidak sportif.
  3. Suatu penampilan yang tidak sesuai dengan standar kelompok, seperti halnya daya tarik fisik atau tentang kerapian.
  4. Perilaku sosial yang ditandai oleh perilaku menonjolkan diri, mengganggu dan menggertakkan orang lain, senang memerintah, tidak dapat bekerjasama, dan kurang bijaksana.
  5. Kurangnya kematangan, terutama kelihatan dalam hal pengendalian emosi, ketenangan, kepercayaan diri dan kebijaksanaan.
  6. Sifat atau kepribadian yang dapat mengganggu orang lain seperti mementingkan diri sendiri, keras kepala, gelisah dan mudah marah.
  7. Status sosial ekonomi berada di bawah status sosioekonomi kelompok dan hubungan yang buruk dengan anggota-anggota keluarga.
  8. Tempat tinggal terpencil dari kelompok atau ketidakmampuan dalam berpartisipasi pada kegiatan kelompok karena tanggung jawab keluarga atau kerja sambilan.

Referensi :

Hurlock, Elizabeth. B. 1980. Psi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (Edisi kelima). Alih Bahasa; Istiwidayanti & Soedjarwo.Jakarta: Erlangga

 

Silahkan Berikan Komentar Anda