TULIS ARTIKELSalurkan Hobi Anda !!! Menulis Artikel Gratis Di Ranah Pendidikan

MENGAWALI TAHUN AJARAN BARU DENGAN BAIK

MENGAWALI TAHUN AJARAN BARU DENGAN BAIKTahun ajaran baru bagi siswa adalah bagia yang menyenangkan karena naik kelas dan menempati kelas barunya. Beberapa strategi mengajar yang baik untuk mengawali pengajaran adalah (Emmer, Evertson, & Worsham, 2003) :

BACA JUGA  MENINGKATKAN SELF-EFFICACY MURID
  1. Menciptakan ekspektasi untuk perilaku dan membuang ketidakpastian. Pada awal tahun ajaran baru, murid akan merasa tidak pasti apa yang diharapkan dari kelas anda. Mereka mungkin punya pikiran yang berbeda dengan ekspektasi anda karena mereka mendasarkan ekspektasinya pada pengalamannya dengan guru lain. Pada hari-hari pertama disekolah, paparkan ekspektasi anda tentang perilaku dan kegiatan murid. Jangan hanya fokus pada pelajaran pada hari-hari awal masa sekolah. Luangkan waktu untuk menerangkan secara jelas dan konkret tentang aturan, prosedur, dan persyaratan kelas sehingga murid tahu apa yang harus dikerjakan di kelas anda.
  2. Pastikan bahwa murid mengalami kesuksesan. Pada minggu-minggu awal di sekolah, mata pelajaran dan tugas harus didesain untuk memastikan murid sukses dalam mengerjakannya. Ini akan membantu murid untuk mengembangkan sikap positif dan memberi mereka rasa percaya diri untuk menghadapi tugas yang lebih sulit.
  3. Selalu siap dan hadir. Tunjukkan pada murid anda bahwa mereka dapat menemui anda saat mereka butuh informasi. Selama tugas mandiri atau tugas kelompok, pastikan diri anda hadir, jangan pergi dari meja anda dan menyelesaikan pekerjaan lain. Berkelilinglah di ruangan untuk memantau kemajuan murid, membantu memberi bantuan jika dibutuhkan.
  4. Bersikaplah tegas. Walau anda telah memaparkan aturan kelas dan ekspektasi anda, beberapa murid mungkin aka lupa dan mungkin ada murid yang menguji anda apakah anda siap menegakkan aturan tersebut, terutama di minggu-minggu pertama di sekolah. Selalu bangun batas antara apa yang dapat diterima dan apa yang tidak dapat diterima di kelas anda.

Referensi :

Santrock, John. W. 2011. Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. Alih Bahasa; Tri Wibowo B.S.          Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Silahkan Berikan Komentar Anda