TULIS ARTIKELSalurkan Hobi Anda !!! Menulis Artikel Gratis Di Ranah Pendidikan

MENGEKSPLORASI MOTIVASI

motivasiHalo sahabat ranah, sering kali kita mendengar kata motivasi bahkan kita juga termasuk orang yang mengalaminya.

Seperti seorang pemuda kanada, Terry Fox menyelesaikan lari jarak jauh yang luar biasa dalam sejarah (McNally, 1990 dalam Santrock, 2011). Dia rata-rata berlari sejauh jarak lari maraton (26,2 mil) setiap hari selama lima bulan, dan karenanya menempuh total 3359 mil melintasi Kanada. Apa yang membuatnya jadi luar biasa adalah karena Terry Fox kehilangan satu kaki akibat kanker sebelum dia lari, dan dia lari dengan bantuan kaki palsu. Terry fox memiliki motivasi yang tinggi.

Apa arti motivasi itu sesungguhnya?

motivasi adalah proses yang memberi semangat, arah, dan kegigihan perilaku pada seseorang.

Artinya, perilaku yang termotivasi adalah perilaku yang penuh energi, terarah dan bertahan lama untuk mencapai suatu tujuan.

Mengapa Terry menyelesaikan larinya?  Karena pada saat Terry masuk rumah sakit karena kanker, dia berkata pada dirinya sendiri bahwa jika dia bisa bertahan hidup maka dia akan melakukan sesuatu untuk membantu mendanai riset kanker. Jadi, motivasi dari tindakannya berlari adalah untuk memberi tujuan hidupnya dengan membantu orang lain yang mengidap kanker.

BACA JUGA  TIPS MENJADI GURU EFEKTIF DAN DISUKAI MURID

Tindakan Terry Fox dilakukan dengan semangat, punya tujuan dan gigih  (bertahan lama). Selama lomba lari berlangsung melintasi Kanada, ia menjumpai banyak rintangan, seperti angin kencang, hujan lebat, salju dan jalan es. Keadaan cuaca membuat peserta rata-rata hanya menempuh 8 mil selama bulan pertama, jauh dari yang direncakannya. Tapi, Terry terus bertahan dan mempercepat langkahnya pada bulan kedua sampai ia kembali ke jalur tujuannya.

Tindakan yang dilakukan Terry adalah contoh dari bagaimana motivasi dapat membantu kita bertahan dalam mencapai sesuatu.

Kisah Terry Fox mengajarkan kita untuk tidak patah semangat dalam proses menacapai impian kita walau aral melintang. Dorongan dari dalam dirinya sangat kuat, akan lebih kuat lagi jika orang-orang dilingkungannya memberikan energi positif tentu ia akan memiliki keyakinan yang lebih dalam mencapai tujuan itu.

 

Referensi :

Santrock, John. W. 2011. Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. Alih Bahasa; Tri Wibowo B.S. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

 

Silahkan Berikan Komentar Anda