TULIS ARTIKELSalurkan Hobi Anda !!! Menulis Artikel Gratis Di Ranah Pendidikan

MENGURANGI BIAS GENDER

MENGURANGI BIAS GENDERSetiap siswa, laki-laki ataupun perempuan layak mendapatkan pendidikan yang bebas bias gender. Berikut ini beberapa strategi untuk menciptakan iklim pendidikan yang baik (Derman-Spark & Anti-Bias urriculum Task Force, 1989;Sadker, 1994):

BACA JUGA  CARA MENGAJAR EFEKTIF DARI KACAMATA PSIKOLOGI
  1. Jika anda diberi buku ajar yang isinya bias gender, diskusikan dengan siswa anda. Membahas stereotip dan bias gender dalam teks ini, anda bisa membantu mereka untuk berpikir kritis tentang isu sosial penting ini. Apabila buku teks ini tidak adil secara gender, lengkapi dengan materi lain yang adil secara gender. Banyak sekolah, perpustakaan dan akademi yang menggunakan materi yang bebas bias gender yang bisa anda pakai.
  2. Pastikan bahwa aktivitas dan latihan di sekolah tida bias gender. Beri murid tugas di mana mereka mencari artikel tentang pandangan yang non stereotipe tentang lai-laki dan perempuan, seperti perempuan sebagai insinyur atau seorang laki-laki yang menjadi guru T. Suruh siswa untuk membuat display foto dan gambar laki-laki dan perempuan melakukan tugas yang sama di rumah dan ditempat kerja. Gunakan display tersebut untuk melakukan diskusi dengan siswa tentang tugas yang dilakukan orang dewasa dan apa yang akan murid lakukan nanti saat sudah dewasa. Undang orang dari komunitas yang punya pekerjaan nonstereotip (seperti lai-lai petugas resepsionis atau perempuan pekerja konstruksi) untuk datang ke kelas anda dan bicara dengan siswa anda.
  3. Jadilah contoh peran non-exist. Bantu untuk mempelajari keahlian baru dan berbagi tugas secara non-exist.
  4. Analisislah posisi duduk siswa anda dan periksa apakah ada segregasi gender atau tidak. Ketika murid-murid anda belajar dalam kelompok, pantaulah apakah kelompok itu seimbang secara gender atau tidak.
  5. Cari seseorang untuk membantu menilai soal dan pola pengajaran anda pada murid lelaki dan perempuan. Lakukan hal ini beberapa kali untuk memastikan bahwa anda sudah memberi perhatian yang sama pada murid laki-laki dan perempuan.
  6. Gunakan bahasa non bias. Jangan menggunakan kata ganti he untuk objek mati atau orang yang belum teridentifikasi. Ganti kata seperti fierman, policeman, dan mailman dengan kata nonbias seperti firefighter, police officer dan  letter carier.
  7. Pelajari terus tentang kesetaraan gender dalam pendidikan. Bacalah jurnal-jurnal profesional untuk topik ini. Ketahuilah hak-hak anda sendiri sebagai laki-laki atau perempuan dan jangan berlau tidak adil atau melakukan deskriminasi.

 

Silahkan Berikan Komentar Anda