TULIS ARTIKELSalurkan Hobi Anda !!! Menulis Artikel Gratis Di Ranah Pendidikan

PENELITIAN METODE ILMIAH DAN JENISNYA

METODE ILMIAHPenelitian Metode ilmiah adalah metode sains yang menggunakan langkah-langkah ilmiah dan rasional untuk mengungkapkan suatu permasalahan yang muncul dalam pemikiran kita serta proses sistematis yang dilakukan dalam rangka menjawab pertanyaan penelitian Penelitian merupakan salah satu cara untuk memperoleh kebenaran di dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Masalah-masalah yang kita hadapi  sebenarnyasangat beragam. Secara sederhana dapat diformulasi dalam bentuk pertanyaan :

  • Apa sesuatu itu?
  • Berapa banyak hal tersebut terjadi ?
  • Bagaimana hubungan suatu gejala dengan gejala lainnya atau bawah kondisi apa terjadinya suatu gejala itu?
  • Bagaimana akibatnya atau apa yang akan terjadi jika ada suatu kondisi.

Pola-pola pertanyaan tersebut menjadi bahan dasar jika kita hendak melakukan suatu penelitian.

Langkah-Langkahnya Metode Ilmiah :

  1. Munculnya rasa penasaran
  2. Bertanya atau mempertanyakan
  3. Membaca penelitian sebelumnya
  4. Memformulasikan hipotesis atau membuat kerangka teoritis
  5. Membuat desain penelitian
  6. Melakukan penelitian
  7. Membuat kesimpulan
  8. Melaporkan hasil penelitian

Jenis-Jenis Penelitian

Penelitian psikologi sama halnya dengan penelitian pada bidang ilmu lainnya dapat dikelompokkan dalam  bentuk :

A. Penelitian Pustaka

Penelitian pustaka adalah penelitian yang menggunakan pustaka sebagai sumber data. Pustaka yang dimaksud diantaranya catatan-catatan seseorang, riwayat hidup, surat-surat tertulis, atau informasi lainnya yang memungkinkan dapat mengungkap perilaku atau kondisi psikologis seseorang.

BACA JUGA  PATOLOGI ANAK DAN REMAJA

B. Penelitian Lapangan

  • Observasional

Observasi adalah metode yang banyak digunakan dalam penelitian, termasuk di bidang psikologi. Biasanya ahli-ahlli psikologi menggunakan penelitian observasional pada penelitian :

  1. Observasi naturalistik dilakukan dengan cara mengamati perilaku subyek yang terjadi secara natural di dalam lingungan kehidupannya sehari-hari.
  2. Observasi laboratorium dilakukan didalam laboratotium, pengamatannya dilaksanakan dalam suansana terbatas yaitu laboratorium.
  3. Observasi studi kasus merupakan merupakan studi yang mendalam tentang individu atau suatu unit selama kurun waktu tertentu. Studi kasus dimaksudkan untuk mempelajari perilaku individu secara mendalam dan komprehensif berdasarkan penyesuaian, reaksi dan kondisi individu didalam berhubungan dengan lingkungan.
  • Penelitian Korelasi

Korelasi mengacu pada upaya menghubungkan suatu variabel dengan variabel lain. Prinsip dalam penelitian korelasi, peneliti menghubungkan sejumlah variabel tetapi tidak melakukan manipulasi terhadapnya (D’amato, 1970 dalam Latipun 2011).

  • Penelitian Eksperimen

Dilakukan dengan melakukan manipulasi yang bertujuan untuk mengetahui akibat manipulasi terhadap perilaku individu yang diamati oleh peneliti.

Referensi :

Latipun. 2011. Psikologi Eksperimen. Malang: UMM Press

 

Silahkan Berikan Komentar Anda