TULIS ARTIKELSalurkan Hobi Anda !!! Menulis Artikel Gratis Di Ranah Pendidikan

PENGANTAR PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI

PENGANTAR PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASIOrganisasi merupakan alat yang digunakan orang secara individu maupun kelompok untuk mencapai beberapa tujuan. Oraganisasi menggabungkan pengetahuan kolektif, nilai dan visi  orang-orang yang secara sadar (dan kadang tidak sadar) berusaha untuk memperoleh sesuatu yang mereka inginkan. Organisasi juga dpat dikatakan sebagai respon dan alat menciptakan keuntungan yang memenuhi beberapa kebutuhan manusia. Organisasi baru mulai bermunculan ketika beberapa teknologi baru tersedia, sebagai contoh organisasi perusahaan.

Perusahaan adalah suatu sistem yang terdiri dari komponen manusia, bahan-bahan mentah dan mesin-mesin. Produktivitas suatu perusahaan sangat ditentukan oleh bagaimana interaksi antara ketiga sebagai penentu terhadap segala produktivitas.

BACA JUGA  PENGERTIAN DINAMIKA KELOMPOK

Suatu bentuk usaha tanpa manusia, tidak mungkin ada adan tidak dapat dibayangkan. Walaupun sederhana atau kompleksnya suatu bentuk usaha, manusia yang menjadi intinya. Karena dalam dunia kerja yang semakin kompetitif dna memiliki banyak tuntutan, para manajer tidak hanya mengandalkan keterampilan teknis mereka saja, namun dibutuhkan suatu keterampilan teknis di dalam menangani orang dengan baik, bagaimana suatu pemimpin dan manajer mempertahankan fasilitas yang memuaskan bagi konsumen.

Untuk menyikapi tuntutan dan permasalahan yang ada di dalam dunia kerja atau industri dan organisasi (perusahaan), saran-saran psikologis sangat dibutuhkan, guna mendapatkan pemikiran yang semakin realistis dan maju karena psikologi di dalam dunia kerja industri dan organisasi mampu menangani masalah-masalah manusia dan masalah antar manusia secara profesional.

Referensi :

Abidin, Zainal. 2014. Buku Ajar Psikologi Industri dan Organisasi. Surabaya: Pustaka Radja

 

Silahkan Berikan Komentar Anda