TULIS ARTIKELSalurkan Hobi Anda !!! Menulis Artikel Gratis Di Ranah Pendidikan

PENGARUH STATUS ATAS KOMUNIKASI

PENGARUH STATUS ATAS KOMUNIKASIKita akan keliru mengira bahwa pola-pola komunikasi yang kita amati di seluruh dunia, tak lebih dari kumpulan adat istiadat yang tak berarti. Pola komunikasi tertentu adalah bagian dari keseluruhan pola budaya dan dapat dipahami dalam konteks tersebut.

Disini kita dapat mengmukakan banyak contoh perilaku komunikasi yang didasari budaya tertentu. Perbedaan-perbedaan ini tampaknya jelas berhubungan dengan budaya dan oraganisasi sosial. Di Amerika Latin kita dapatkan bahwa masyarakat secara kaku bertingkat-tingkat. Akibatnya, kita temukan wewenang yang lebih penting lagi dalam keluarga komunitas.

Perbedaan status dan kelas sosial menyebabkan orang-orang yang berstatus berbeda sulit menyatakan opini secara bebas dan terus terang dalam diskusi dan perdebatan. Budaya Amerika latin menekankan pentingnya hubungan-hubungan pribadi secara harmonis, meskipun hubungan tersebut bersifat dangkal. Budaya Amerika menekankan pentingnya penyelesaian perbedaan pendapat dengan kontak-kontak tatap muka langsung. Budaya Amerika tidak mementingkan status. Di Amerika Latin, orang merasa sulit menyatakan perbedaan-perbedaan mereka, status dan otoritas lebih ditekankan dari pada di Amerika Serikat.

BACA JUGA  KONTAK FISIK (MENYENTUH ATAU TIDAK MENYENTUH)

Status dan kelas sosial juga menentukan apakah bisnis akan terjadi antara individu atau kelompok.  Di Amerika Serikat mungkin takkan menemukan sekelompok penjual yang mengunjungi seorang pelanggan. Di Jepang justru pentingnya kunjungan dan pentingnya posisi orang itu ditentukan oleh siapa yang ia ajak ikut serta. Praktik ini juga terjadi pada hierarki bisnis dan pemerintah. Bahkan seorang guru besar universitas pun cenderung membawa serta satu atau dua pembantu dalam urusan akademik. Kalau tidak, orang-orang mungkin berpikir bahwa ia bukan orang penting, begitu pula urusannya.

Referensi :

Sihabuudin, Ahmad. 2013. Komunikasi Antar Budaya (Satu Perspektif Multidimensi. Jakarta: PT. Bumi Aksara

 

Silahkan Berikan Komentar Anda