TULIS ARTIKELSalurkan Hobi Anda !!! Menulis Artikel Gratis Di Ranah Pendidikan

PENGELOMPOKAN SOSIAL REMAJA

PENGELOMPOKAN SOSIAL REMAJA

  1. Teman dekat : Anak remaja biasanya memiliki dua atau tiga teman dekat atau sahabat karib. Mereka adalah sesama jenis kelamin yang mempunyai minat dan kemampuan yang sama. Teman dekat saling memepengaruhi satu sama lain meskipun kadang-kadang juga bertengkar.
  2. Kelompok kecil : Kelompok ini biasanya terdiri dari kelompok teman-teman dekat. Pada mulanya terdiri dari jenis kelamin yang sama, tetapi kemudian meliputi kedua jenis kelamin yang berbeda.
  3. Kelmpok besar : Kelompok besar yang terdiri dari beberapa kelompok kecil dan kelompok teman dekat berkembang dengan meningkatnya minat akan pesta dan berkencan. Sebab kelomok ini, maka penyesuaian minat berkurang di antara anggota-anggotanya sehingga terdapat jarak sosial yang lebih besar di antara mereka.
  4. Kelomok yang terorganisir : Kelompok pemuda yang dibina oleh orang dewasa dibentuk oleh sekolah dan organisasi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sosial para remaja yang tidak mempunyai klik atau kelompok besar. Mayoritas anak remaja yang mengikuti kelompok seperti itu merasa diatur dan berkurang minatnya ketika berusia enam belas atau tujuh belas tahun.
  5. Kelompok gang : Remaja yang tidak termasuk klik atau kelompok besar dan yang merasa tidak puas dengan kelompok yang terorganisasi mungkin mengikuti kelompok geng. Anggota geng yang biasanya terdiri dari anak-anak sejenis dan minat utama mereka adalah untuk menghadap penolakan teman-teman melalui perilaku antisosial.
BACA JUGA  FAKTOR YANG MENYULITKAN PILIHAN PEKERJAAN

Referensi :

Hurlock, Elizabeth. B. (1980). Psi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang   Kehidupan Edisi Kelima. Alih Bahasa; Istiwidayanti dan Soedjarwo. Jakarta:  Erlangga.

Silahkan Berikan Komentar Anda