TULIS ARTIKELSalurkan Hobi Anda !!! Menulis Artikel Gratis Di Ranah Pendidikan

PENGERTIAN DINAMIKA KELOMPOK

PENGERTIAN DINAMIKA KELOMPOKDinamika kelompok terdiri dari dua kata yaitu dinamika dan kelompok. Dinamika adalah sesuatu yang mengandung arti tenaga kekuatan, selalu bergerak, berkembang dan dapat menyesesuaikan diri secara memadai terhadap keadaan. Dinamika juga memiliki arti adanya interaksi dan interdependensi antara anggota kelompok dengan kelompok lain secara keseluruhan. Keadaan ini dapat terjadi karena selama ada kelompok, semangat kelompok terus menerus ada dalam kelompok iyu, artinya setiap saat kelompok yang bersankutan dapat berubah.

BACA JUGA  SIKAP TERHADAP PEKERJAAN            

Sementara, kelompok ialah kumpulan orang-orang yang dari kesatuan sosial yang mengadakan interaksi secara intensif dan mempunyai tujuan bersama. Interaksi yang dilakukan anggota kelompok dapat menimbulkan kerja sama apabila setiap anggota kelompok memiliki:

  • Mengerti akan tujuan yang dibebakan di dalam kelompok tersebut.
  • Adanya saling menghormati di antra anggota-anggotanya.
  • Adanya saling menghargai pendapat anggota lain.
  • Adanya saling keterbukaan, toleransi dan kejujuran diantara anggota kelompok.

Kelompok terdiri karena kebutuhan untuk menyelesaikan tugas, masalah atau masalah bersama. Oleh karena itu baik disadari ataupun tidak harus ada partisipasi dari masing-masing individu dalam membentuk kelompok melalui persetujuan dari pihak-pihak yang terlibat didalamnya.

Diorganisasi bisnis, bentuk yang dipandang relatif efektif yaitu gugus kendali mutu, yaitu suatu bentuk penampilan partisipasi kelompok-kelompok kecil di perusahaan dengan tujuan untuk melakukan perbaikan sistem krja di tempat masing-masing. Bahkan dalam perkembangannya Gugus Kendali Mutu ini malah sering dimanfaatkan oleh perusahaan untuk mewujudkan tujuan organisasi yang lebih besar yaitu meningkatkan laba perusahaan melalui efesiensi di tempat kerja.

Berdasarkan arti dari dua kata tersebut, maka dinamika kelompok memiliki arti sebagai suatu kelompok yang terdiri dari dua atau lebih individu yang satu dengan yang lain dapat berlangsung dalam situasi yang dialami secara bersama. Dinamika kelompok dapat diartikan  sebagai konsep yang menggambarkan proses kelompok yang selalu bergerak, berkembang dan dapat menyesuaikan diri dengan keadaan yang selalu berubah-ubah.

Dinamika kelompok mempunyai bebeapa tujuan, antara lain:

  1. Membangkitkan kepekaan diri seorang anggota kelompok terhadap anggota kelompok lain, seingga dapat menimbulkan rasa saling menghargai.
  2. Menimbulkan rasa solidaritas anggota sehingga dapat saling menghormati dan salng menghargai pendapat orang lain.
  3. Menciptakan komunikasi yangterbuka terhadap sesama anggota kelompok.
  4. Menimbulkan adanya niat yang baik dalam sesama anggota kelompok.

Referensi :

Abidin, Zainal. 2014. Buku Ajar Psikologi Industri dan Organisasi. Surabaya: Pustaka Radja

 

Silahkan Berikan Komentar Anda