TULIS ARTIKELSalurkan Hobi Anda !!! Menulis Artikel Gratis Di Ranah Pendidikan

PERUBAHAN MINAT PADA MASA USIA MADYA

  1. Minat lebih ditekankan daripada dikembangkan seiring dengan bertambahnya usia
  2. Ada pergeseran penekanan pada minat yang sekarang ada seperti apabila minat akan pakaian mewah bergeser ke bentuk dan warna pakaian yang dapat memberikan kesan lebih muda
  3. Ada pergeseran penekanan minat yang lebih bersifat menyendiri seperti nonton TV, membaca dan hobi lainnya.
  4. Banyak orang usia madya yang mengembangkan keinginannya untuk memperdalam kebudayaan misalnya dengan membaca, melukis, menghadiri ceramah-ceramah dan konser
  5. Ada penurunan dalam pembedaan jenis kelamin, di mana pria semakin berminat terhadap kegiatan yang dipandang sebagai kegiatan wanita, seperti membaca berita ringan daripada kegiatan yang dianggap sebagai kegiatan kaum pria seperti olahraga, nonton pertandingan olahraga dan sebagainya.
  6. Ada kecenderungan untuk saling membagi minat baik pada pria maupun wanita, misalnya minat untuk memperdalam kebudayaan sebagai pengganti kegiatan yang biasa dilakukan dengan teman-teman sejenisnya.
  7. Ada peningkatan minat akan kegiatan yang mengarah ke peningkatan kemampuan pribadi. Misalnya menghadiri kuliah, ceramah-ceramah, konser, ikut kursus dan mengurangi keinginannya terhadap kegiatan yang semata-mata bersifat hiburan, seperti pergi nonton film atau main kartu. Semua ini dilakukan lebih banyak oleh mereka yang berusia lewat setengah baya dan kelompok di atas usia tengah baya daripada mereka yang berasal dari golongan yang lebih rendah.

Referensi

Hurlock, Elizabeth. B. (1980). Psi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang   Kehidupan Edisi Kelima. Alih Bahasa; Istiwidayanti dan Soedjarwo. Jakarta:  Erlangga.

 

Silahkan Berikan Komentar Anda