TULIS ARTIKELSalurkan Hobi Anda !!! Menulis Artikel Gratis Di Ranah Pendidikan

POLA BERMAIN YANG UMUM DARI MASA BAYI

SePOLA BERMAIN YANG UMUM DARI MASA BAYInsomotorik adalah bentuk permainan yang paling awal dan terdiri tendangan, gerakan-gerakan mengangkat angkat tubuh, bergoyang-goyang, menggerak-gerakkan jari-jemari tangan dan kaki, memanjat, berceloteh dan menggelinding.

Menjawab, dengan perkembangannya koordinasi lengan dan tangan, bayi mulai mengamati tubuhnya dengan menarik rambut menghisap jari-jari tangan dan kaki, memasukkan jari-jari ke dalam pusar dan memainkan alat kelamin. Mereka mengocok, membuang, membanting, menghisap dan menarik-narik mainan dan menjelajah dengan cara menarik, membanting dan merobek benda-benda yang dapat diraihnya.

BACA JUGA  PENGARUH STATUS ATAS KOMUNIKASI

Meniru, tahun kedua, bayi mencoba meniru kelakuan orang-orang yang di sekitar mereka, seperti membaca majalah, menyapu laintai atau menulis dengan pensil atau krayon.

Berpura-pura, selama tahun kedua kebanyakan bayi memberikan sifat kepada mainannya seperti sifat-sifat yang sesungguhnya. Boneka-boneka hewan diberi sifat hewan sungguhan, sama halnya boneka, atau mobil-mobilan dianggap seperti orang atau mobil.

Permainan, sebelum berusia satu tahun bayi memainkan permainan-permainan tradisional seperti “ciluk ba,” “petak umpet” (sembunyi-sembunyian) dan sebagainya. Biasanya dilakukan bersama orang tua, nenek atau kakak-kakak.

Hiburan, bayi senang dinyanyikan, diceritai, dan dibacakan dongeng-dongeng. Kebanyakan bayi menyenangi siaran radio dan televisi dan melihat gambar-gambar.

Referensi

Hurlock, Elizabeth. B. (1980). Psi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang   Kehidupan Edisi Kelima. Alih Bahasa; Istiwidayanti dan Soedjarwo. Jakarta:  Erlangga.

 

Silahkan Berikan Komentar Anda