TULIS ARTIKELSalurkan Hobi Anda !!! Menulis Artikel Gratis Di Ranah Pendidikan

POLA PENGENDALIAN MOTORIK

POLA PENGENDALIAN MOTORIK DAERAH KEPALA

1.       Pengendalian mata, optic nystagmus, atau reaksi mata terhadap rangkaian benda bergerak dimulai kira-kira dua belas jam selah lahir. Gerakan mata mencari gerakan mata horisontal antara bulan kedua dan ketiga, gerakan mata vertikal antara bulan ketiga dan keempat dan gerakan mata berputar beberapa bulan kemudian.

2.       Tersenyum, gerak refleks tersenyum atau senyum sebagai reaksi terhadap rangsangan perabaan muncul dalam minggu pertama, senyum sosial atau senyum sebagai rekasi terhadpa senyuman orang lain mulai antara bulan ketiga dan keempat.

3.       Menahan kepala, dalam posisi tengkurap bayi dapat menahan kepala secara tegak pada usia satu bulan, kalau terlentang, pada lima bulan dan dalam posisi duduk antara empat dan enam bulan.

DAERAH BADAN

1.       Berguling, bayi dapat berguling dari samping ke belakang pada usia dua bulan dan dari tengkurap ke samping pada empat bulan pada usia enam bulan bayi dapat berguling sepenuhnya.

DUDUK

Bayi dapat ditarik ke posisi duduk pada usia empat bulan, duduk dengan dibantu pada usia lima bulan, duduk tanpa dibantu sebentar pada usia tujuh bulan dan duduk tanpa bantuan selama sepuluh menit atau lebih pada usia sembilan bulan.

DAERAH LENGAN DAN TANGAN

1.       Tangan, ibu jari menjauh gerakan ibu jari menjauhi jari-jari lain muncul dalam usaha menggenggam antara tiga dan empat bulan dan dalam mengambil benda antara delapan dan sepuluh bulan.

2.       Lengan, bayi dapat meraih benda pada usia enam atau tujuh bulan dan dapat mengambil benda tanpa gerakan-gerakan acak pada usia satu tahun.

DAERAH TUNGKAI

Memindahkan tubuh dengan menendang terjadi pada akhir minggu kedua. Menghentak, atau bergerak dalam posisi duduk, tampak pada usia enam bulan. Merangkak terjadi antara delapan dan sepuluh bulan serta pada sebelas bulan bayi berjalan dengan “empat kaki.” Bayi dapat menarik diri sendiri ke posisi berdiri sekitar usia sepuluh bulan, berdiri dengan bantuan pada usia sebelas bulan, berdiri tanpa bantuan pada usia satu tahun dan berjalan tanpa bantuan pada usia empat belas bulan.

Referensi

Hurlock, Elizabeth. B. (1980). Psi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang   Kehidupan Edisi Kelima. Alih Bahasa; Istiwidayanti dan Soedjarwo. Jakarta:  Erlangga.

Silahkan Berikan Komentar Anda