TULIS ARTIKELSalurkan Hobi Anda !!! Menulis Artikel Gratis Di Ranah Pendidikan

SELAYANG PANDANG PSIKOLOGI PENDIDIKAN

psikologi pendidikanHallo, Sahabat Ranah !!!
Kita sudah tidak asing lagi dengan kata “Pendidikan” karena semenjak kecil kita sudah memperoleh pendidikan dari keluarga hingga sahabat tumbuh menjadi dewasa saat ini tidak lepas dalam dunia pendidikan. Bagaimana ilmu psikologi berperan dalam dunia pendidikan? Mari kita simak keterkaitan antara keduanya.
Psikologi ialah studi ilmiah tentang perilaku dan proses mental. Sedangkan, psikologi pendidikan adalah cabang ilmu psikologi yang mengkhususkan diri pada cara memahami pengajaran dan pembelajaran dalam lingkungan dunia pendidikan.

Ada 3 perintis terkemuka yang muncul di awal sejarah psikologi pendidikan :
1. William James (1842 -1910).

Buku ajar psikologi yang pertama “Principles Of Psychology (1890),” William James (1842 – 1910) memberikan serangkaian kuliah yang bertajuk “Talks to Teachers”. Salah satu rekomendasinya ialah mulai mengajar pada titik sedikit lebih tinggi di atas tingkat pengetahuan dan pemahaman anak dengan tujuann untuk memperluas pandangan pemikiran anak.

2. John Dewey (1859-1952).

Tokoh kedua ini memiliki peran besar dalam membentuk psikologi pendidikan. John Dewey menjadi motor penggerak untuk mengaplikasikan psikologi di tingkat praktis. John Dewey membangun laboratorium psikologi pendidikan pertama di AS, di Universitas Chicago, pada tahun 1894. Setelah itu, di columbia university dia melanjutkan karya inovatifnya tersebut.
Ide penting dari John Dewey (Glassman,2001,2002 dalam Santrock, 2011) :

  • Pandangan tentang anak sebagai pembelajar aktif (active learner). John Dewey percaya bahwa anak-anak akan belajar dengan lebih baik jika mereka aktif.
  • Pendidikan seharusnya difokuskan pada anak secara keseluruhan dan memperkuat ide bahwa anak-anak seharusnya tidak hanya mendapat pelajaran akademik saja. Tapi, harus diajari cara untuk berpikir dan beradaptasi dengan dunia luar di sekolah. Anak-anak harus belajar agar dapat memecahkan masalah secara reflektif.
  • Semua anak berhak mendapat pendidikan yang selayaknya. John Dewey adalah salah seorang psikolog yang sangat berpengaruh, seorang pendidik yang mendukung pendidikan yang layak bagi semua anak, lelaki maupun perempuan, dari semua lapisan sosial-ekonomi dan etnis.
BACA JUGA  APA ITU PSIKOLOGI PERKEMBANGAN ???

3. E.L Thorndike (1874-1949).
Perintis ketiga ini, memberi banyak perhatian pada penilaian, pengukuran dan perbaikan dasar-dasar belajar secara ilmiah. Thorndike berpendapat bahwa salah satu tugas penting pendidikan di sekolah adalah menanamkan keahlian penalaran anak. Thorndike sangat ahli dalam melakukan studi belajar dan mengajar secara ilmiah (Beatty, 1998 dalam Santrock, 2011). Thorndike mengajukan gagasan bahwa psikologi pendidikan harus punya basis ilmiah dan harus berfokus pada pengukuran (O’Donnell & Levin, 2001 dalam Santrock, 2011).

 

Referensi :
Santrock, John. W. 2011. Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. Alih Bahasa; Tri Wibowo B.S. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Silahkan Berikan Komentar Anda