TULIS ARTIKELSalurkan Hobi Anda !!! Menulis Artikel Gratis Di Ranah Pendidikan

SIKAP TERHADAP PEKERJAAN            

sikap kerjaHalo sahabat ranah, kali ini kami akan berbagi informasi tentang sikap kerja, mulai dari definisi, unsur dan komponenya.

Definisi sikap kerja

Menurut allport (1935, Abidin 2014) sikap adalah sebagai suatu keadaan mental dan neural yang terjaga, dioganisasikan melalui pengalaman, merupakan respon individual terhadap semua obyek dan situasi yang berkait.

Ada 3 unsur sikap (Allport, dalam Abidin, 2014), yakni :

  1. Sikap adalah kondisi pribadi seseorang, artinya setiap orang berbeda-beda sikapnya meskipun obyek yang dipersepsikan sama bentuknya.
  2. Sikap dibentuk dan diorganisasi melalui pengalamannya. Berarti lahirnya sikap seseorang bukanlah merupakan turunan dari orang tua tetapi sikap diperoleh dan dikembangkan oleh seseorang melalui proses sosialisasi yang dilakukan oleh orang-orang yang ada di lingkungan sekitarnya.
  3. Sikap bukanlah sesuatu yang pasif tetapi sebagai sesuatu yang aktif dalam mendinamisasi dan mengarahkan perilaku.

Hal ini sikap dipercaya berpengaruh langsung pada munculnya perilaku seseorang.

BACA JUGA  GEJALA STRES KERJA

Allport (1935, dalam Abidin, 2014) menyatakan bahwa sikap terdiri dari  3 komponen yaitu :

  1. Komponen afektif (affection) merupakan komponen emosional yang menunjuk pada ekspresi perasaan suka atau tidak suka terhadap obyek sikap.
  2. Komponen perilaku (behavior) yakni komponen perilaku nyata yang selalu terkait dengan sika internal seseorang atas obyek sikap.
  3. Komponen kogniti (cognitive) yaitu komponen “gudang” yang terdiri dari berbagai informasi terkait dengan obyek sikap, dan seluruh informasi itu diorganisir sedemikian rupa untuk menanggapi obyek sikap.

Ketiga komponen di atas biasanya lebih dikenal dengan nama komponen ABC dari sikap.

Baiklah sahabat rana, semoga informasi ini dapat memberikan manfaat.

Silahkan Berikan Komentar Anda