TULIS ARTIKELSalurkan Hobi Anda !!! Menulis Artikel Gratis Di Ranah Pendidikan

TIPS MENDONGENG ATAU BERCERITA PADA ANAK

Hallo Sahabat Ranah,
Anak usia dini senang sekali mendengarkan dongeng atau cerita.
Hal ini perlu dipupuk karena dapat dimanfaatkan sebagai media pendidikanuntuk meningkatkan perkembangan bahasa,
perbendaharaan kata, pengetahuan, penerapan sopan santun, hiburan,
menumbuhkan minat baca, moral serta tidak kalah penting adalah keakraban hubungan orang tua dan anak.

Tips ini bisa diterapkan oleh sahabat di rumah atau di sekolah yang memiliki peserta didik anak usia dini, yaitu :

  1. Pilihlah dongeng yang sesuai dengan daya tangkap dan konsentrasi anak. Jangan memilih dongeng yang terlalu panjang, rumit atau sulit dipahami anak.
  2. Pilihlah dongeng yang mengandung pesan positif seperti menanamkan rasa sopan santun, pengenalan buruk baik, memperluas pengetahuan dan sebagainya.
  3. Pilihlah waktu yang tepat untuk mendongeng, misalnya ketika anak akan berangkat tidur atau pada suatu yang dianggapnya tepat.
  4. Pergunakanlah alat bantu sederhana, misalnya boneka tangan, gambar benda-benda yang sesuai dengan dongeng atau cerita untuk menghidupkan cerita.
  5. Mendongeng dan berceritalah dengan rasa kasih, intonasi suara dan mimik muka yang sesuai dengan cerita serta gunakan kalimat sederhana yang jelas.
  6. Sumber dan tema cerita dapat berupa :
BACA JUGA  KEMAMPUAN BAYI DALAM BERKOMUNIKASI
  • Pengalaman hidup.
  • Kenangan lama atau masa kecil orang tua yang berkesan.
  • Hubungan kasih sayang antara manusia seperti antara orang tua dan anak, saudara, nenek, dan cucu, teman sahabat dan sebagainya.
  • Ajaran agama yang mengajakan kebajikan, ketakwaan dan konsep atau ajaan agama lainnya.
  • Cerita kepahlawanan baik nyata maupun fiktif (cerita tentang hewan, tumbuhan dan sebagainya) yang dapat membangkitkan rasa bangga, mendorong cita-cita, cinta tanah air dan ajaran baik buruk.
  • Ajaran atau tata aturan hidup seperti pentingnya kebersihan, tertib lalu lintas, peraturan sederhana, kesehatan atau yang lainnya. Disesuaikan dengan dunia anak.

Baiklah sahabat, itu adalah tips mendongeng untuk anak-anak usia dini. Dengan adanya tips ini semoga dapat memudahkan dan membangkitkan sahabat dalam membangun komunikasi dengan anak. Kelekatan hubungan orang tua dan anak akan semakin erat.

Referensi :Pemerintah Kabupaten Sampang Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Tahun 2015. 2013. Media Interaksi Orangtua dan Balita Sebagai Alat Bantu Pendidikan Anak Balita (Petunjuk Pemanfaat Media APE BKB). Sampang: Krisna Mandiri

Silahkan Berikan Komentar Anda