TULIS ARTIKELSalurkan Hobi Anda !!! Menulis Artikel Gratis Di Ranah Pendidikan

TIPS MENJADI GURU EFEKTIF DAN DISUKAI MURID

Hello Sabahat Ranah, Siapa yang tidak ingin menjadi gurpsikologi pendidikanu favorit di sekolah? Murid yang kita ajarkan senang dan menyukai kita. Hal ini juga kita perlukan sebagai penyemangat diri ketika sudah mulai lelah dengan aktivitas yang kadang menurut kita itu monoton dan membosankan. Disini kita akan berbagi tips menjadi guru yang efektif dan disukai murid.

Dalam survei nasional terhadap seribu murid berusia 13 sampai 17 tahun, para murid tersebut menyebutkan beberapa karakter penting yang harus dimiliki guru, yaitu punya selera humor yang baik, mampu membuat kelas menjadi menaik dan menguasai mata pelajaran yang diajarkan (NASSP, 1997 dalam Santrock, 2011).  Hal ini membuat murid senang dan menyukai citra diri dari guru tersebut. Sedangkan, karakteristik guru yang buruk menurut murid sekolah menengah yaitu guru yang membosankan di kelas, tidak menenrangkan secara jelas dan suka pilih kasih.

KARAKTERISTIK GURU BAIK KARAKTERISTIK GURU BURUK
Punya selera humor

Membuat kelas menjadi menarik

Menguasai mata pelajaran

Menerangkan secara jelas

Mau meluangkan waktu untuk membantu murid

Bersikap adil kepada murid

Memperlakukan murid seperti orang dewasa

Berhubungan baik dengan murid

Memperhatikan perasaan murid

Tidak pilih kasih

Membuat kelas menjadi membosankan

Tidak menerangkan secara jelas

Pilih kasih

Sikapnya buruk

Terlalu banyak menuntut pada siswa

Tidak nyambung dengan murid

Memberikan PR terlalu banyak

Terlalu kaku

Tidak membantu/memperhatikan siswa

Kontrol kurang

BACA JUGA  ASPEK-ASPEK HARGA DIRI (SELF ESTEEM)

Diatas adalah karakteristik dari seorang guru. Lalu, kalian termasuk yang mana? Guru baik atau guru buruk?  Cukup kita renungkan dan sebagai pengingat diri sehingga dapat merubah hal yang kurang baik menjadi baik.

 

Sahabat ranah, dibawah ini adalah tips menjadi guru efektif dan disukai murid :

  • Pengajaran yang efektif, guru harus menguasai banyak keahlian.

Kita mudah terjebak dalam pemikiran bahwa jika menguasai mata pelajaran, maka otomatis kita akan bisa mengajar dengan efektif. Tetapi sebenarnya guru yang efektif membutuhkan beragam keahlian.

  • Memperluas perspektif.

Kita harus yakin bahwa kita bisa menjadi guru yang efektif sebagaimana yang kita inginkan. Cobalah melihat sesuatu sebagaimana murid kita melihat, dan cari tahu bagaimana murid-murid memandang diri kita. Curahkan hati dan pikiran kita untuk membantu murid membangun kemampuan memperluas perspektif.

  • Lihatlah selalu karakteristik guru diatas.

Lihatlah daftar karakteristik itu dan pikirkan tentang bidang pengajaran efektif yang berbeda dan bisa bermanfaat untuk kita dan bermanfaat untuk pembelajaran kita yang masih menjadi guru pemula bahkan setelah kita menjadi guru yang sudah berpengalaman sekalipun. Selalu mempertimbangkan karakteristik ini dari waktu ke waktu, kita mungkin mengetahui bahwa kita melupakan satu atau dua bidang dan butuh waktu untuk meningkatkan diri kita dibidang tersebut.

Dari penjelasan diatas, semoga dapat memberikan informasi dan merasakan manfaat yang baik untuk sahabat ranah.

 

Referensi :

Santrock, John. W. 2011. Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. Alih Bahasa; Tri Wibowo B.S. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

 

Silahkan Berikan Komentar Anda