TULIS ARTIKELSalurkan Hobi Anda !!! Menulis Artikel Gratis Di Ranah Pendidikan

TUGAS-TUGAS DALAM BELAJAR BERBICARA

BELAJAR BERBICARAHalo sahabat ranah, disini kami akan berbagi informasi mengenai tugas-tugas yang biasanya terlibat ketika bayi belajar berbicara.

Belajar berbicara mencakup tiga tugas yang sulit dan tidak saling berhubungan. Bayi belajar bagaimana mengucapkan kata-kata, menggunakan kosa kata dengan menghubungkan pengartiannya dengan kata-kata yang dapat dipergunakan untuk menyampaikan maksudnya pada orang lain, dan menggabungkan kata-kata menjadi kalimat yang dimengerti oleh orang lain. Tugas-tugas ini tidak hanya meliputi pengendalian mekanisme suara tetapi juga kemampuan untuk memperluas arti dan fungsi sebagai simbol arti.

Tugas-tugasnya adalah :

a. Pengucapan

Bayi belajar mengucapkan kata-kata sebagian melalu coba-coba tetapi terutama dengan meniru ucapan orang dewasa.  Huruf mati dn campuran huruf mati lebih sulit diucapkan bayi daripada huruf hidup dan diftong. Banyak ucapan bayi yang tidak dapat dimengerti sampai usia delapan belas bulan, setelah itu berangsur-angsur terjadi kemajuan yang mencolok.

BACA JUGA  PERAN PAKAIAN PADA MASA DEWASA DINI

b. Membangun kosa kata

Mula-mula bayi belajar nama-nama orang dan benda, kemudian kata-kata kerja seperti “memberi” dan “mengambil.” Sesaat sebelum masa bayi belajar beberapa kata sifat seperti “manis” dan “nakal,” serta beberapa kata keterangan. Kata ganti dan kata penghubung serta kata depan biasanya belum dipelajari sampai awal masa kanak-kanak. Kosa kata meningkat dengan bertambahnya usia.

c. Kalimat

Adalah kalimat yang pertama muncul pada saat bayi berusia antara dua belas dan delapan belas bulan, biasanya terdiri dari satu kata yang disertai dengan isyarat. Lambat laun kata-kata merambat dalam kalimat, tetapi isyarat masih banyak digunakan sampai memasuki masa kanak-kanak.

Tugas-tugas ini jauh lebih sulit daripada yang tampak mula-mula, maka dapat dimengerti bahwa yang akan diletakkan hanyalah dasar-dasar keterampilan yang terlibat dalam bicara. Meskipun banyak bayi mengucapkan kata-kata lama sebelum masa bayi berakhir, mereka seringkali tidak menghubungkan arti yang benar dengan kata-kata dan mereka juga tidak dapat menggabungkan kata-kata menjadi kalimat yang bermakna. Belajar berkomunikasi dengan orang lain melalui bicara merupakan tugas perkembangan bagi tahun-tahun masa kanak-kanak.

Informasi diatas semoga dapat memberikan manfaat. Salam Literasi!

Referensi :

Hurlock, Elizabeth. B. (1980). Psi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang   Kehidupan Edisi Kelima. Alih Bahasa; Istiwidayanti dan Soedjarwo. Jakarta:  Erlangga.

 

 

Silahkan Berikan Komentar Anda