TULIS ARTIKELSalurkan Hobi Anda !!! Menulis Artikel Gratis Di Ranah Pendidikan

TUGAS-TUGAS PERKEMBANGAN PADA USIA MADYA

TUGAS-TUGAS PERKEMBANGAN PADA USIA MADYA.Usia madya adalah usia baya yang dipandang sebagai masa usia antara 40 sampai 60 tahun, ditandai adanya perubahan-perubahan jasmani dan mental.

BACA JUGA  FAKTOR PENYESUAIAN TERHADAP PASANGAN

Tugas-tugas perkembangan pada usia madya:

  1. Tugas yang berkaitan dengan perubahan fisik. Meliputi untuk mau melakukan penerimaan akan dan penyesuaian dengan berbagai perubahan fisik yang normal terjadi pada usia madya.
  2. Tugas-tugas yang berkaitan dengan perubahan minat. Orang yang berusia madya seringkali mengasumsikan tanggungjawab warga negara dan sosial, serta mengembangkan minat pada waktu luang yang berorientasi pada kedewasaan pada tempat kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada keluarga yang biasa dilakukan pada masa dewasa dini.
  3. Tugas-tugas yang berkaitan dengan penyesuaian kejujuran. Tugas ini berkisar pada pemantapan dan pemeliharaan standar hidup yang relatif mapan.
  4. Tugas-tugas yang berkaitan dengan kehidupan keluarga. Tugas penting dalam kategori ini meliputi hal-hal yang berkaitan dengan seseorang sebagai pasangan, menyesuaikan diri dengan orangtua yang lanjut usia dan membantu anak remaja untuk menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab dan bahagia.

Referensi

Hurlock, Elizabeth. B. (1980). Psi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang   Kehidupan Edisi Kelima. Alih Bahasa; Istiwidayanti dan Soedjarwo. Jakarta:  Erlangga.

 

Silahkan Berikan Komentar Anda