TULIS ARTIKELSalurkan Hobi Anda !!! Menulis Artikel Gratis Di Ranah Pendidikan

TUJUAN PSIKOLOGI INDUSTRI ORGANISASI

TUJUAN PSIKOLOGI INDUSTRI ORGANISASIPsikologi industri mempelajari perilaku karyawan dalam lingkungan kerja. Psikologi industri mulai berkembang sejak pada tahun 1920-an dan disiplin ilmu telah berkembang pesat dan merevolusi tempat kerja dalam abad terakhir. Karena tempat kerja adalah suatu sitem sosial, penerapan cabang ilmu psikologi ini berguna dalam memaham komleksitasnya.

Aspek paling menarik dari psikologi industri adalah bagaimana perilaku karyawan mempengaruhi individu lain pada pekerjaan dan organisasi secara umum. Kemudian, psikologi industri digunakan untuk mengurangi perilaku kontraproduktif, meningkatkan efektivitas tim, dan meningkatkan semangat.  Hal ini juga penting dalam resolusi konflik, banyak orang menemukan beban ketidakpuasan kerja mereka beraka dalam hubungan mereka dengan manajer dan rekan. Untungnya, psikologi industri menyediakan solusi untuk ini.

BACA JUGA  SEJARAH PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI

Untuk itu maka tujuan mempelajari psikologi industri sendiri ini pada prinsipnya sama dengan yang tertera dalam mukadimah kode etik psikologi, yaitu untuk kesejahteraan umat manusia. Jadi dalam kajian-kajian dan rekomendasinya, Psikologi Industri Organisasi harus menempatkan harkat kemanusiaan sebagai ukuran tertinggi, bukan kesejahteraan individu di dalam organisasi atau kemajuan organisasi semata-mata.

Referensi :

Abidin, Zainal. 2014. Buku Ajar Psikologi Industri dan Organisasi. Surabaya: Pustaka Radja

 

Silahkan Berikan Komentar Anda